ChaiKue



Chaikue adalah salah satu makanan khas Pontianak, bentuknya yang unik dan rasanya yang enak membuat orang yang memakannya pasti akan ketagihan. Chaikue adalah makanan sejenis pangsit, bentuknya ada yang setengah lingkaran (chaikue kukus) dan ada yang berbentuk lingkaran (chaikue goreng). Kulitnya terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka dengan ketebalan yang cukup tipis. Isinya bermacam-macam, ada yang berisi bengkuang, daun kucai, kacang, rebung, keladi dll yang sudah dicampur dengan ebi. Chaikue bisa dimasak dengan cara dikukus maupun digoreng. Biasanya disajikan dengan bawang putih goreng yang dicincang kasar, dan dimakan dengan sambal biasa atau sambal ebi.



Bagi yang ingin mencoba-coba untuk membuatnya, berikut ini resepnya :

Bahan :
- 200 gram tepung beras
- 25 gram tepung beras/tapioka
- 450 ml air
- 3 buah bengkuang ukuran sedang
- 3 sendok makan udang ebi
- 6 sendok makan minyak sayur
- 2 siung bawang putih
- Lada bubuk secukupnya
- Garam secukupnya

Cara Pembuatan :
1. Buat bahan kulit dengan mencampurkan tepung beras, tepung sagu/tapioka, 3 sendok makan minyak sayur, ½ sendok teh garam dan air. Aduk rata sampai tidak menggumpal. Masak di atas api sedang sambil diaduk terus sampai mengental, seperti adonan yang kalis. Matikan api. Sisihkan dan biarkan adonan dingin.
2. Bersihkan, kupas, cuci bengkuang lalu potong-potong seperti batang korek api. Sisihkan.
3. Udang ebi direndam air panas, lalu dicincang kasar. Sisihkan.
4. Bersihkan, kupas, cuci, cincang bawang putih sampai halus. Sisihkan.
5. Panaskan 3 sendok makan minyak sayur, tumis bawang putih sampai harum. Sisihkan bawang putih separunhya. Masukkan udang ebi dan bengkuang. Masak sampai agak layu.
6. Masukkan 2 sendok teh garam dan lada. Aduk rata sampai bengkuang matang. Angkat dan sisihkan.
7. Ambil sedikit adonan kulit, lalu dibuat seperti mangkuk yang tipis. Jika adonan masih lengket, bisa ditambahkan tepung sagu/tapioka supaya tidak lengket. Setelah adonan sudah berbentuk mangkuk lingkaran, masukkan 1 sendok makan bahan isi. Rekatkan ujung lingkaran seperti membuat pastel. Taruh di loyang/pinggan tahan panas yang sudah diolesi dengan minyak sayur.
8. Panaskan air di wajan kukusan sampai mendidih, setelah itu kukus chai kue yang sudah dibentuk selama 10 – 15 menit. Angkat.
9. Sajikan chai kue dengan bawang putih di atasnya.